Kamis, 25 Maret 2010

TEHNIK MENULIS ARTIKEL

Penulis yang baik adalah pembaca yang baik.

Memilih topik
Memilih topik sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Hanya saja, bagi penulis pemula memilih topik sama beratnya dengan membuat judul atau isi tulisan. Misalnya, judul berita yang Anda ambil adalah perilaku seks bebas remaja. Setelah baca berita itu, dari mulai fakta dan arahnya ke mana, Anda bisa bikin ulang dengan pengembangan yang Anda suka, dengan cara Anda sendiri. Anggap saja misalnya Anda sebagai wartawan yang menyelidiki kasus itu. Anda bisa ubah dengan versi baru tentang penyelidikan kasus seks bebas di kalangan remaja. Sebagai latihan aja kan? Mungkin kok. Coba deh!

Memilih topik:
1) Cari yang sedang menjadi tren.
2) Atau bisa juga kita menciptakan tren.
3) Pilih yang dekat dengan kebanyakan sasaran pembaca kita.
4) Hindari topik yang tidak kita kuasai atau menimbulkan polemik yang tak perlu.
5) Biasakan berlatih mengikuti peristiwa yang berkembang untuk bahan tulisan.

Membuat kerangka tulisan (Out line)
1) Alasannya, kerangka tulisan berguna untuk membatasi apa yang harus kita tulis. 2) Supaya tulisan tak melebar kemana-mana. 3) Dengan membuat kerangka tulisan, kita akan mudah untuk menentukan maksud dan arah tulisan. Bahkan kita juga bisa berhemat dengan kata-kata, termasuk pandai memilih kosa kata yang pas untuk alur tulisan kita.

Beberapa panduan untuk membuat kerangka tulisan:
1) Paparkan fakta-fakta seputar tema yang akan kita bahas.
2) Lakukan penilaian atas fakta-fakta itu. Sudut pandang rasional dan syariat.
3) Kumpulkan bahan-bahan pendukung argumentasi kita.
4) Kesimpulan.

Menabung kosa kata
1) Adalah sangat baik bila penulis menabung kosa kata sedikitnya 5 kata/hari. 2) Kosa kata sangat berguna sebagai dempul tulisan. 3) Tujuannya adalah untuk memoles tulisan supaya rata dan licin. Ibarat kita mau membangun rumah, batu-bata sudah siap, semen dan pasir udah banyak, batu untuk pondasi udah menumpuk. Begitupun dengan kayu, bambu, cat, keramik dan genteng, sampe yang pernik-pernik seperti paku dan instalasi listrik semua udah lengkap. Perlu keahlian khusus tentunya untuk merangkai semua itu jadi sebuah rumah. Menata batu untuk pondasi, memasang batu-bata dan merekatkannya dengan campuran semen, kapur, dan pasir. Memasang kayu-kayu untuk jendela dan pintu. Tembok yang sudah jadi, perlu dilapisi dempul sebelum akhirnya dicat dengan warna kesukaan kita. Menyusun genteng untuk menutupi atap rumah kita. Sampe rumah itu jadi dan enakdipandang mata. Mengasyikan tentunya.

Judul
1) Buatlah judul yang menarik 2) Membuat judul merupakan pekerjaan “keterampilan khusus” harus pintar mengolah kata.3) Membaca majalah yang oke/menarik mengolah judul seperti: TEMPO, GATRA, GAMMA. 4) Buatlah judul yang pendek (2 sampai 4 kata)
1) Pastikan membuat subjudul karena sangat penting 2) Subjudul menolong penulis untuk menggolongkan dan membatasi pembahasan dalam sebuah tulisan jenis artikel dan berita. 3) Tujuannya membantu pembaca memahami sehingga pembaca terus tertarik membaca tulisan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar