Senin, 24 Januari 2011

Jangan Menyerah ...Berpengharapanlah!!

Roma 5: 1-5

Apa itu pengharapan. Pengharapan adalah bayang-bayangan (visi) akan terjadinya perubahan nyata yang lebih baik. Ada banyak orang yang putus asa dan tidak punya pengharapan karena tidak berharga di mata orang, gagal dalam merencanakan sesuatu dan kehilangan arah dalam hidupnya. Jadi kesimpulannya orang yang putus asa selalu tidak berpengharapan tentang dirinya, kondisinya, orang disekitarnya dan seringkali juga tentang Allahnya. Orang putus asa selalu tertekan, menyendiri dan tidak kuat menghadapi perjalanan hidupnya (lemah). orang Kristen seharusnya adalah orang yang berpengharapan, tidak mudah putus asa karena memiliki dasar untuk berpengharapan, apakah dasar pengharapan orang Kristen?

1. Telah diselamatkan oleh Tuhan Yesus Kristus. Dosa menyebabkan manusia kehilangan makna dan tujuan hidup! Tetapi keselamatan dalam Yesus memberi makna dan tujuan hidup bagi manusia.
2. Dibentuk oleh Tuhan Yesus. Bagi orang putus asa, masalah adalah perkara yang ‘negatif’. Bagi orang Kristen, masalah adalah salah satu dari ‘cara’ ALLAH membentuk (ada rencana indah).
3. Disertai oleh Tuhan. Orang yang putus asa selalu merasa sendirian. Tetapi orang Kristen tidak pernah sendirian karena Roh Kudus menyertai dan tinggal dalam hidupnya.

Perlu disadari apa yang kita alami dalam dunia ini tidak ada yang kebetulan, sebab kebetulan adalah sesuatu urutan peristiwa yang meskipun terjadi tanpa disengaja, tetapi seperti sudah direncanakan dan diatur. Untuk itu pasti ada yang mengatur dan yang mengatur adalah Tuhan Yesus Kristus. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar